UKM Indonesia

Catatan UKM Indonesia

Apa sih Pentingnya CV dan Personal Branding bagi Perkembangan Karir

Sebelum melamar pekerjaan, para fresh graduate harus mempersiapkan beberapa hal. Di antaranya yaitu Curriculum Vitae (CV) dan personal branding. Kedua hal tersebut sangat penting untuk pengembangan karir seseorang.

Antara CV dengan personal branding saling berkaitan satu sama lain. CV merupakan langkah awal untuk membentuk personal branding. Sehingga keduanya dapat dikatakan sebagai kunci suksesnya karir seseorang. 

Seperti yang dikatakan oleh Jeff Bezos, CEO Amazon, “Personal branding yang kamu miliki adalah suatu hal yang diungkapkan orang lain mengenai kamu, ketika kamu sedang bersama mereka.” 

Mengenal Apa Itu Personal Branding

Personal branding merupakan sebuah upaya yang dilakukan seseorang untuk membentuk citra diri mereka di hadapan publik atau orang lain. Singkatnya, personal branding sendiri adalah sebuah ciri khas dalam ranah profesional.

Personal branding ini sangat penting untuk menilai keahlian serta kemampuan seseorang. Apapun yang melekat pada diri seseorang, mulai dari caranya berbicara, berpakaian hingga pemikirannya itu disebut sebagai personal branding.

Lantas, apa itu Curriculum Vitae ?

Curriculum vitae atau dikenal dengan CV sendiri adalah sebuah dokumen pelengkap yang biasanya harus disertakan ketika melamar pekerjaan. Di dalamnya termuat identitas diri, riwayat pendidikan, pengalaman kerja serta nilai plus yang dimiliki. Jadi, CV dapat dikatakan sebagai bentuk komunikasi pertama antara pelamar dengan perusahaan. 

Tanpa personal branding yang kuat, maka CV hanyalah sebuah dokumen yang kemungkinan besar tidak akan berpengaruh pada penilaian perusahaan terhadap pelamar kerja. 

Menurut Gill Corkindale, seorang penulis dan pengajar handal di London yang fokus pada kepemimpinan global dan manajemen, dalam artikelnya ia menyatakan pada personal branding terdapat empat hal penting yaitu :

  • Otentik atau asli
  • Kepribadiannya menarik
  • Banyak dikenal orang
  • Konsisten

Berikut Alasan Mengapa CV dan Personal Branding Penting untuk Perkembangan Karir

Seseorang yang berhasil membangun personal branding yang kuat, pasti lebih mudah diterima oleh perusahaan. Bahkan berhasil atau tidaknya seseorang dalam mengembangkan karirnya juga dapat ditentukan melalui personal branding. 

Kekuatan CV dan personal branding dalam memperbaiki jenjang karir memang tka diragukan lagi. Eksistensi seseorang dalam dunia profesional juga akan terlihat dari apa yang sudah melekat dalam diri. Untuk lebih jelasnya, berikut penjelasan mengenai pentingnya CV dan personal branding :

1. Meningkatkan Kepercayaan Diri

Semakin kuat personal branding seseorang, maka dapat dipastikan kepercayaan dirinya juga sudah terbentuk. Dalam dunia profesional, percaya diri merupakan kunci penting karena dapat membentuk motivasi diri. Tanpa motivasi, kesuksesan akan sulit tercapai.

Tidak hanya untuk pekerja yang ada di garis depan seperti sales atau frontliner, semua pekerja harus memiliki kepercayaan diri. Karena kepercayaan diri dapat berperan juga dalam membangun loyalitas dan integritas seseorang pada pekerjaan yang diemban. 

Apa sih Pentingnya CV dan Personal Branding bagi Perkembangan Karir

2. Membangun Kredibilitas

Untuk mendapatkan kepercayaan dari orang lain butuh waktu yang tidak sebentar. Maka dari itu, perlu adanya usaha untuk membangun sebuah kredibilitas. Salah satunya melalui personal branding.

Kredibilitas ini perlu dibangun karena kepercayaan yang diberikan oleh orang-orang sekitar, nantinya akan membantu seseorang dalam mencapai karir yang diinginkannya. Melalui personal branding yang kuat, perusahaan jadi lebih mudah mempercayakan segala sesuatunya pada orang tersebut.

3. Mendatangkan Kesempatan Kerja

Konsep dari CV dan personal branding sama halnya dengan “menjual diri” untuk mendapatkan sebuah pekerjaan. Dengan menonjolkan kemampuan dan keahlian yang dimiliki seseorang sehingga akan membuat pihak perekrut tertarik untuk memperkerjakannya.

Membangun personal branding dapat dilakukan melalui jejaring sosial seperti LinkedIn, Jobstreet maupun jaringan sosial profesional lainnya. Di sinilah orang-orang akan mendapatkan kesempatan kerja yang lebih besar. Karena jejaring sosial tersebut mempertemukan para kalangan bisnis dan profesional. Kesempatan untuk mengembangkan karir pun juga jadi lebih mudah.

4. Terbangun Koneksi yang Luas

Melalui personal branding yang kuat, reputasi seseorang pun pasti akan semakin baik. Sehingga tidak sulit untuk membangun koneksi yang lebih luas.

Siapapun pasti tidak akan ragu untuk menjalin hubungan profesional karena sudah timbul kepercayaan yang berasal dari personal branding. Luasnya koneksi yang terjalin tentu memudahkan seseorang untuk mendapatkan karir serta mengembangkannya.

Bagaimana Cara Membangun Personal Branding ?

Ada beberapa hal yang harus dilakukan untuk membangun personal branding yang kuat. Karena personal branding tidak dapat dibangun dalam waktu yang sebentar saja. Inilah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk membangun personal branding yang kuat, di antaranya adalah sebagai berikut :

  • Menentukan tujuan di masa yang akan datang. Apakah ingin menjadi seorang supervisor atau direktur ?
  • Jujur terhadap kemampuan dan kekurangan diri. Jika terdapat kekurangan maka dapat segera diperbaiki.
  • Mencari inspirasi dari orang-orang yang sudah sukses seperti melihat cara berpikirnya, kebiasaan dan etos kerjanya. 
  • Tunjukkan mulai dari sekarang agar orang-orang sekitar dapat mengetahuinya.