UKM Indonesia

Catatan UKM Indonesia

Begini Lho Cara Menabung yang Efektif Untuk Milenial

Apakah kamu memiliki kebiasaan menabung? Dalam aktivitas menabung, tentunya kamu akan menemukan beberapa tantangan tersendiri di dalamnya. Menabung sering kali dianggap beban untuk diri sendiri. Padahal menabung akan mendatangkan banyak manfaat. Apa kamu sudah tahu cara menabung yang efektif untuk milenial? 

Untuk kamu yang masih sulit menanamkan kebiasaan menabung, kamu bisa mencoba beberapa cara menabung efektif yang akan dijabarkan di artikel ini. Siapa tahu kamu akan gemar menabung setelahnya. 

1. Fokus 20 ribu

Cara menabung satu ini terbilang efektif. Cara ini membuat kamu harus memasukkan uang 20 ribu ke dalam celengan mu. Tidak ada nominal lain, hanya 20 ribu saja. Ambil contoh ketika kamu pulang berbelanja. Jika uang kembalian yang kamu terima terdapat uang 20 ribu, maka kamu harus memasukkan uang 20 ribu tersebut ke celenganmu. 

Mungkin nominal 20 ribu terlihat kecil. Namun coba kamu bayangkan jika dalam seminggu kamu menabung 20. Ribu setiap harinya. Kamu sudah menabung sejumlah 140 ribu. Bayangkan jika kamu menabung 20 ribu selama sebulan setiap harinya. Tentunya nominal tabungan mu akan sangat berlimpah. 

2. Terapkan sistem tanggal

Apa kamu sudah paham definisi menabung yang sebenarnya? Bukan, menabung bukan berarti kamu menabung uang sisa. Justru menabung adalah menyisihkan uang yang belum kamu gunakan untuk disimpan. Mindset terhadap menabung harus diubah sejak dini. 

Dengan menerapkan sistem tanggal, kamu akan konsisten dalam menabung. Tetapkan  tanggal khusus di mana kamu akan menabung. Biasanya,tanggal muda banyak dipilih untuk menabung karena di tanggal muda, karena pengeluaran belum terlalu banyak. 

3. Jangan remehkan kekuatan recehan

Uang receh? Jangan kamu sia-siakan! Kamu tahu bahwa uang receh jika dikumpulkan akan menghasilkan nominal yang fantastis. Bahkan nominalnya bisa melebihi tumpukan uang kertas lho. Walaupun waktu yang dibutuhkan cukup lama. 

Pepatah sedikit lama-lama jadi bukit sangat cocok diaplikasikan pada uang recehan ini. Ketika kamu selesai menggunakan uangmu, jangan lupa simpan uang recehan di tabungan khusus. Sediakan tabungan khusus untuk menampung banyak recehan. Kamu akan menikmati hasilnya di masa depan nanti. 

cara menabung yang efektif

4. Tabung uang kertas dengan nominal terkecil 

Cara unik juga terbukti efektif untuk aktivitas menabung kamu. Caranya cukup mudah dan simpel. Di akhir aktivitasmu seharian, kamu perlu cek isi dompetmu. Jika kamu menemukan uang kertas dengan nominal paling kecil, uang itulah yang akan masuk ke celenganmu.

Kegiatan ini bisa kamu lakukan setiap hari. Walaupun uang yang kamu masukkan hanya 1000 rupiah, 2000 rupiah, dan nominal kecil lainnya, namun jika dikumpulkan dalam jangka waktu tertentu akan menghasilkan nominal yang besar bukan. 

5. Tentukan anggaran dan gunakan autodebet

Cara menabung yang efektif yang terakhir adalah tentukan anggaran menabung setiap bulan dan gunakan autodebit. Tentukan terlebih dahulu tujuan kamu menabung untuk apa. Misal untuk beberapa tahun ke depan, kamu ingin membeli barang mewah. Maka kamu harus tentukan berapa banyak anggaran yang kamu keluarkan setiap bulan untuk mencapai tujuanmu. 

Cara ini terbukti membuatmu termotivasi lebih untuk menabung. Cara ini membuatmu merasa tidak terbebani dengan kebiasaan menabung. Justru kamu akan termotivasi dan menikmati prosesnya. 

Wah, rupanya cara menabung yang efektif sangat mudah dilakukan. Apakah kamu mulai tertarik untuk menanamkan kebiasaan menabung? Ayo tanamkan kebiasaan menabung sejak dini. Manfaat dari menabung mungkin tidak kamu rasakan sekarang, tapi di masa depan.