UKM Indonesia

Catatan UKM Indonesia

Ciri-ciri Pinjaman Online yang Aman

Di masa serba digital seperti saat ini, segalanya dapat Anda lakukan via online termasuk dalam mencari pinjaman. Tapi Anda tetap harus berhati-hati dalam memilih aplikasi. Carilah pinjaman online yang aman dan bisa terpercaya, agar Anda tidak merasa terbebani dengan bunga yang diberikan.

Karena banyak kasus, dimana ketika peminjam merasa dibebani dengan biaya bunga yang harus dibayarkan pada saat jatuh tempo, bahkan ada juga pinjol yang diawal telah memotong pinjaman tersebut dengan dalih sebagai biaya administrasi. 

Contohnya, seharusnya peminjam menerima 1 juta saat ditransfer hanya mendapat Rp. 850.000,- dan saat membayar pinjaman menjadi Rp. 1,250.000,- tentu kita akan merasa dirugikan. Hal ini sudah masuk kategori penipuan.

Ciri-ciri pinjaman online yang legal

Karena itu ada baiknya sebelum Anda meminjam secara online, cari tahulah dulu tentang platform tersebut, dapat dipercaya atau tidak. Lalu bagaimana caranya mengetahui jika aplikasi pinjaman itu aman dan legal? Simak ulasan berikut :

  • Pastikan bunganya tidak mencekik

Pinjaman legal akan memberikan bunga yang tidak melebihi satu persen per hari, bahkan ada beberapa hanya memberi bunga 0,16 persen per hari pada nasabahnya. Bunga dengan besaran tersebut sudah menjadi ketetapan dan dianggap tidak akan terlalu memberatkan peminjam.

  • Pastikan perusahaan pinjaman tercatat dan diawasi OJK

Perusahaan pinjaman legal, pasti akan mendaftarkan diri pada OJK dan tidak akan merasa keberatan jika diawasi secara langsung oleh lembaga yang berwenang. Apabila Anda merasa kurang mempercayai aplikasi tersebut Anda dapat menghubungi  pihak OJK dan menanyakan langsung.

  • Pastikan perusahaan memiliki alamat dan website yang jelas

Cek keaslian alamat yang tercantum pada platform pinjaman tersebut, benarkah alamat yang mereka berikan memang ada kantor resminya atau tidak. Karena ini juga menjadi salah satu ciri apabila perusahaan pinjol tersebut legal.

  • Mekanismenya  transparan

Setiap perusahaan pinjol diwajibkan agar transparan untuk hal perhitungan suku bunga, tenggat waktu pembayaran serta simulasi pembayaran, hal ini telah ditetapkan oleh OJK agar  pihak peminjam tahu berapa yang harus dibayarkan sesuai kemampuan mereka.

  • Memiliki nomor telepon yang terdaftar secara legal

Memiliki nomor telepon perusahaan merupakan hal wajib bagi pinjol, ini bertujuan agar peminjam dapat menghubungi pihak pendana apabila terdapat masalah. Misal, saat akan melakukan pembayaran, namun terjadi masalah pada sistem.

  • Review dan kredibilitasnya bagus

Cek pada kolom komentar di aplikasi apakah mereka memiliki review yang baik dari nasabah yang sudah pernah melakukan pengajuan di platform tersebut. Carilah juga pada mesin pencari, mengenai segala hal yang berkaitan dengan pinjol tersebut. Jika ternyata pernah ada masalah, sebaiknya jangan diteruskan prosesnya.

Platform pinjaman online terbaik, aman dan legal

Proses pinjaman online memang terbilang mudah, karena mirip dengan KTA (kredit tanpa agunan). Hanya saja ketika melakukan pengajuan pada pinjol, sejak awal semuanya dilakukan tanpa adanya tatap muka dan baik peminjam maupun pendana. Jadi, bisa dianggap bermodalkan rasa percaya terhadap satu sama lain.

Namun, apabila Anda salah dalam memilih platform pinjaman, bisa saja data pribadi Anda akan digunakan atau disebarluaskan, saat mereka melakukan penagihan dan ada keterlambatan saat pembayaran.

Lalu apakah ada platform pinjol yang dapat dipercaya? Ada. Berikut ini adalah platform-platform pinjol yang aman dan dapat dipercaya.

1. Kredivo

Aplikasi ini sepertinya sedang menjadi primadona, sebab kredivo bekerja sama dengan beberapa e-commerce untuk memudahkan pembayaran dan Anda dapat membayarnya di akhir bulan tanpa biaya tambahan apapun. Kredivo juga bisa memberikan pinjaman dana mulai dari Rp. 500.000,- hingga Rp. 1,500.000,- dan tenor yang diberikan 30 hari.

2. Akulaku

AsetKu merupakan produk KTA dari akulaku yang memberikan pinjaman dana mulai dari Rp. 500.000,- sampai dengan Rp.2,000.000,- Anda dapat memilih tenor sesuai dengan kemampuan, mereka memberikan jangka waktu pembayaran dalam dua opsi, yaitu 8 hari dan 30 hari.

3. KoinWork

Sama seperti akulaku, KoinWork juga memberikan pinjaman tanpa jaminan dengan besaran yang terbilang besar. Anda bisa mendapatkan mulai Rp. 10,000.000,- hingga Rp. 2,000.000.000,- dengan tenor pinjaman 6 bulan hingga 24 bulan.

4. Rupiah Cepat

Rupiah Cepat menawarkan pinjaman mulai Rp. 500.000,- hingga Rp. 5,000.000,- dengan pilihan tenor 65, 75 dan 90 hari. Proses pengecekan data sampai pencairan membutuhkan waktu maksimal 2 hari, bila disetujui Anda harus menunggu minimal 1 hari kerja.

5. TunaiKita

TunaiKita juga menawarkan pinjaman tanpa jaminan, mereka memiliki limit pinjaman mulai Rp. 500.000,- hingga Rp. 2,100.000,- dengan maksimal tenor 61 hari dan bunga 0,8 % perharinya.

6. Tunaiku 

Tunaiku merupakan pinjaman online yang terpercaya dan aman karena telah terdaftar di OJK. Mereka juga telah mengantongi ISO 27001 tentang keamanan informasi. Tunaiku bisa memberikan pinjaman hingga Rp20 juta dengan tenor fleksibel mulai 2 bulan sampai 20 bulan.   

Nah, itu tadi adalah ciri-ciri dari pinjaman online yang legal dan dapat dipercaya jika Anda berniat untuk melakukan pengajuan. Namun, perlu diingat untuk tidak terlambat saat jatuh tempo, karena nanti akan terkena denda.

Tentu akan rugi dan jadi lebih berat, bila harus membayar denda keterlambatan. Jadilah nasabah yang baik dan tepat waktu, karena apabila Anda tidak memiliki masalah saat pelunasan, Anda akan dipermudah untuk pengajuan yang selanjutnya.