UKM Indonesia

Catatan UKM Indonesia

Dana Pensiun: Pengertian, Kegunaan, dan Cara Mengumpulkannya

Dana pensiun memiliki peran yang sangat penting untuk menopang kehidupan Anda ketika sudah masuk usia tua. Maka dari itu, setiap orang dianggap perlu menyiapkan dana pensiun saat mereka masih di usia muda dan mengumpulkannya hingga menyentuh target yang diinginkan. Pada artikel kali ini akan dibahas semua terkait dana pensiun, pengertiannya, kegunaan hingga cara mengumpulkannya.

Pengertian dana pensiun

Seperti yang tertuang pada kamus Besar Bahasa Indonesia, pengertian dana pensiun yakni sekumpulan harta atau dana yang didapat dari iuran tetap para peserta termasuk penyisihan pendapatan perusahaan, dan peserta mempunyai hak memperoleh bagian keuntungan tersebut setelah pensiun.

Jika dilihat berdasarkan UU No 11 tahun 1992, terkait pengertian dana pensiun ini yakni badan hukum yang menjalankan dan mengelola program dengan upaya pemanfaatan dana pensiun.

Nah, dilihat dari dua versi pengertian dana pensiun barusan, menyimpulkan bahwa dana pensiun ini yang berarti dikumpulkan oleh badan atau lembaga tertentu lewat iuran pekerja dan akan diberikan lagi ke para pekerja di saat mereka sudah masuk masa pensiunnya.

Fungsi Dana Pensiun

Supaya seseorang dapat mempersiapkan kehidupan di masa tua dengan nyaman dan tenang, alangkah baik Anda juga mempelajari dan memahami fungsi dari dana pensiun itu sendiri. Fungsi dana pensiun tersebut terbagi berdasarkan 3 hal, yakni fungsi bagi karyawan, fungsi bagi perusahaan dan fungsi bagi penyelenggara dari program dana pensiun itu sendiri. Dibawah ini penjelasan lebih lengkapnya:

1.       Fungsi Bagi Karyawan

Masa tua yang biasanya susah untuk melanjutkan bekerja dan memperoleh pendapatan dari situ, dapat tergantikan dengan dana pensiun yang telah dikumpulkan dari dulu. Rasa aman dapat terjaga serta motivasi kerja ketika masa muda dapat terus stabil agar bisa mencapai target menyiapkan dana untuk hari tua di masa depan.

Apabila penerima dana pensiun tersebut meninggal dunia, dana yang tersedia tetap dapat cair dan diwariskan ke pihak keluarga bersangkutan yang masih hidup. Dengan begitu, rasa aman pun bisa turut dirasakan oleh pihak keluarga si penerima dana pensiun tersebut.

2.       Fungsi Bagi Perusahaan

Memberi penghargaan ke para karyawan yang sudah mengabdi ke perusahaan adalah sebuah tindakan yang bijak. Menciptakan rasa aman bagi karyawan supaya bisa menekan penurunan angka karyawan atau pekerja yang berhenti dari pekerjaan mereka.

Selain itu juga dapat meningkatkan citra dari perusahaan terkait saat menjalankan bisnis dan tentunya dapat meningkatkan motivasi dan menjaga mood kerja para karyawan yang secara tidak langsung akan mempengaruhi produktivitas perusahaan yang bisa meningkat sesuai yang diinginkan.

3.       Fungsi Bagi Penyelenggara Program Dana Pensiun

Pihak penyelenggara dari program dana pensiun mempunyai kesempatan dalam mengelola dana tersebut supaya memperoleh keuntungan, karena iuran dana pensiun bisa digolongkan sebagai kategori investasi, dimana para pihak penyelenggara turut membantu dalam:

  •         Mendukung program dari pemerintah perihal pengadaan dana pensiun bagi masyarakat
  •         Sebagai bentuk atau upaya berupa bakti sosial ke para peserta iuran dana pensiun tersebut

Cara Mengumpulkan Dana Pensiun

Langkah awal yang perlu Anda lakukan dalam upaya mengumpulkan dana pensiun yakni dengan menghitung total atau jumlah dana yang diperlukan dengan menghitung semua pengeluaran bulanan Anda secara menyeluruh.

Seperti contoh, Anda yang sudah berusia 30 tahun mempunyai pengeluaran selama satu mencapai 100 juta. Mempunyai seorang dan perlu menabung untuk disalurkan ke pendidikannya sampai sang anak lulus kuliah, dan masih ada kewajiban membayar hutang melunasi utang jangka panjang.

Apabila Anda sudah mengetahui jumlah pengeluaran selama satu tahun tersebut, Anda bisa mengevaluasi sendiri terkait apakah pengeluaran untuk asuransi kesehatan, tabungan pendidikan anak, angsuran mobil atau rumah dan lain-lain akan selalu ada ketika telah memasuki hari tua atau masa pensiunnya nanti?

Terkait besaran dana pensiun sendiri dibagi menjadi 3 kategori pengeluaran, antara lain:

  •         75 persen sampai 80 persen dari pengeluaran masa sekarang bila gaya hidup di masa tua biasa saja atau tidak begitu besar
  •         90 persen sampai 100 persen dari pengeluaran masa sekarang bila gaya hidupnya sama serta memiliki waktu menabung yang lumayan lama sebelum masuk masa tua.
  •         120 persen sampai 125 persen dari pengeluaran masa sekarang bila berharap memiliki tahun-tahun yang sukses, suka berwisata serta ingin melakukan banyak hal yang tidak pernah dicoba sebelumnya.

Itulah beberapa cara untuk mengumpulkan dana pensiun agar bisa mencapai target dan memiliki masa tua yang nyaman dan tenang. Mempunyai dana pensiun juga memiliki manfaat lain, seperti yang sudah dijelaskan diatas, dimana ketika masih berusia mudah dan sedang berada di masa produktif, orang-orang akan semakin termotivasi dan bersemangat dalam bekerja supaya bisa mengumpulkan pundi-pundi untuk dialokasikan ke iuran dana pensiun.