UKM Indonesia

Catatan UKM Indonesia

Langkah Mudah Kelola Keuangan untuk Generasi Sandwich

Apakah anda mengetahui apa yang dimaksud dengan generasi sandwich? Atau malah kamu baru baru mendengar istilah tersebut? Sebagai informasi tambahan, generasi sandwich merupakan kondisi seorang dewasa yang memiliki tanggungan hidup sedikitnya 3 generasi, yaitu orang tua, diri sendiri, dan diri sendiri. Kondisi ini menuntunnya untuk menjadi penopang kehidupan keluarganya. Situasi ini pastinya bukan hal yang ideal untuk kehidupan seseorang.

Beban yang berat, Lelah, namun dipaksa oleh keadaan akan dirasakan oleh pelaku generasi sandwich ini. Tentu kamu yang mendengarnya tidak ingin ada di posisi tersebut. Untuk itu, kami perlu persiapkan masa depan kamu dalam jangka panjang. Bijak mengatur keuangan dan embiasakan diri dengan kehidupan yang seiimbang atau tidak mudah memaksakan.

Semangat Eksekusi Usaha Bangkit Generasi Sandwich Yang Mandiri

Kondisi kaum sandwich ini terjadi biasanya karena adanya kegagalan finansial dari orang tua atau bahkan dirinya sendiri. Namun, Bagi kamu yang terlanjur sudah ada dalam posisi generasi sandwich ini, tidak perlu khawatir, kehidupan pasti berputar, asalkan kamu mau belajar. Bangkitkan semangat kamu untuk bisa mandiri dan mengelola keuangan dengan baik dengan Langkah-langkah mudah di bawah ini.

1.  Tingkatkan Usaha Pemasukan

Memangkas kebutuhan memang cukup sulit, terlebih saat kebutuhan masing-masing orang terus bertambah dan adanya kebutuhan mendadak yang harus dipenuhi. Contohnya sakit, iuran, dana sosial, dan lain sebagainya. Untuk menghadapi hal tersebut, akan sulit jika kamu memaksakan untuk memangkas pengeluaran, tapi coba kamu berpikir lain. Maksudnya, kamu dapat atasi kondisi itu justru dengan meningkatkan pemasukan.

Semangat usaha dan bekerja untuk meningkatkan pemasukan dapat membantu kamu memenuhi segala kebutuhan keluarga. Mulai membuka usaha atau berbisnis, kreatif dalam membuat konten, menjadi freelancer sebuah proyek, dan lain sebagainya dapat menjadi peluang untuk menambah pemasukan kamu. Modal penting dan utamanya adalah keamuan yang diikuti dengan kemampuan.

2.  Memiliki Tabungan

Sedikit banyaknya perolehan gaji atau pemasukan yang kamu miliki sisihkan lah untuk disimpan dalam tabungan. Tabungan ini bisa kamu gunakan untuk dana darurat dan simpanan untuk hari tua. Biasakan diri kamu untuk menabung, karena jika tidak dipaksa dan dibiasakan hal ini tentu akan sulit dan pada akhirnya dikesampingkan. Padahal peran dana tabungan ini sangat penting bagi kehidupan kamu, terutama dalam kondisi generasi sandwich ini. Segala kemungkinan baik bahkan buruk pun terjadi dan membutuhkan pembiayaan, untuk itu bijak dan kreatif lah dalam mengelola finansial hidup kamu.

3.  Memiliki Asuransi Kesehatan dan Pendidikan

Asuransi biasanya dianggap tidak penting oleh sebagian orang. Padahal peran nya pun cukup penting. Dana yang kamu bayarkan untuk asuransi terutama kesehatan dan pendidikan akan membuat kamu hidup lebih tenang. Seolah memiliki alokasi khusus yang tidak perlu dikhawatirkan ketika masa nya datang dan dibutuhkan. Pemikiran jangka panjang perlu kamu terapkan terutama soal kesehatan dan Pendidikan.

Mutu dan kualitas hidup seseorang itu tergantung pada kondisi kesehatan dan perolehan Pendidikan dalam hidupnya. jadi, dalam kasus generasi sandwich ini, asuransi kesehatan dan Pendidikan menjadi salah satu kunci untuk memutus rantai ketergantungan itu. Dengan kualitas kesehatan dan mutu Pendidikan yang baik akan mengantarkan pada kehidupan yang jauh lebih baik di kemudian harinya,

4.  Memiliki Planning dan Goals yang Jelas

Meskipun kamu telah terhimpit oleh keadaan seperti terjebak menjadi generasi sandwich, kamu tidak perlu khawatir, yang kamu perlukan adalah survive mencari jalan keluarnya. Planning atau perencanaan dalam hidup untuk menentukan goals atau tujuan itu tercapai adalah kunci keberhasilan hidup seseorang. Oleh karena itu, kamu perlu mulai menyadari pentingnya perencanaan dan memiliki goals atau tujuan.

Dengan adanya perencanaan akan dapat membantu kamu dalam berbagai macam proses, contohnya dalam mengambil suatu keputusan yang tepat, sesuai dengan tujuan utama. Hidup harus memiliki tujuan atau goals yang jelas, dengan adanya tujuan yang jelas, hidup kamu akan lebih terarah. Masing-masing dari generasi yang menjadi tanggungan kamu, kiranya perlu ditanamkan kesadaran tentang pentingnya memiliki rencana dan tujuan hidup. Tentunya sebagai usaha mengatasi kondisi yang terjadi saat ini dan menghindari kodnsi yangs ama terulang kemabali.

5.  Memiliki Rencana Keuangan

Rencana keuangan berfungsi untuk mengatur kamu dalam menggunakan dana yang kamu punya. Adanya rencana keuangan dapat memudahkan kamu memilah dan memilih hal-hal yang menjadi kebutuhan dan keinginan, hak dan kewajiban. Menanggung kehidupan banyak orang dalam satu sumber dana yang terbatas tentu bukan hal yang mudah, oleh karena itu kamu perlu rencana keuangan yang baik dan tepat untuk mengetahui plotting atau pengalokasian dana yang tepat, sehingga dapat mencukupi segala keuthannya

Itulah beberapa Langkah yang bisa kamu lakukan dalam menghadapi kondisi kehidupan yang terhimpit dengan tanggungan atau masuk dalam kategori generasi sandwich ini. Tetap semangat dan optimis, bahwa dengan usaha semua usaha pasti ada jalannya.