UKM Indonesia

Catatan UKM Indonesia

Pilih Ngontrak Atau KPR Rumah, Mana yang Lebih Menguntungkan?

Hanya pasangan muda bingung untuk memilih membeli rumah langsung atau mengontrak kebingungan tersebut sangat wajar, biasanya berhubungan dengan biaya cicilan yang terlalu besar bisa langsung membeli rumah tetapi khawatir akan harga rumah yang tiap tahun semakin mahal bila menundanya.

 Membeli rumah atau mau ngontrak sendiri memiliki kekurangan dan kelebihan nya masing masing. Untuk pasangan muda, tentu saja Anda harus mengetahui kelebihan dan kekurangan dari dua hal tersebut. Oleh karena itu, kami akan menjelaskan secara detail rugi dan untung dari kedua hal ini. Sehingga Anda dapat membuat keputusan yang tepat antara membeli rumah atau mengontrak. Mari simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

Keunggulan mengontrak rumah

Walaupun sifatnya sementara, mengontrak rumah mempunyai sejumlah keuntungan tersendiri, khususnya untuk pasangan muda yang memiliki pendapatan terbatas. Bila harus membeli rumah secara langsung, justru mengontrak lebih menguntungkan untuk jangka waktu pendek sambil Anda menabung untuk membeli rumah.

 Berikut merupakan keuntungan yang dapat Anda peroleh bila menyewa apartemen ataupun rumah.

  • Menyewa apartemen atau rumah berarti Anda tidak harus menabung untuk membayar uang muka. Karena untuk membeli property pastinya Anda wajib mempunyai tabungan yang sangat banyak.
  • Ketika anda menyewa, maka Anda tidak harus memikirkan pajak yang dibayarkan setiap tahunnya. Lain halnya dengan Anda membeli rumah, di mana terdapat pajak untuk pembelian properti yang pastinya tidaklah murah. Bila Anda mengontrak rumah, maka pemilik asli yang akan membayarkan biaya pajak tersebut.
  • Anda juga tidak harus memikirkan biaya untuk merenovasi rumah sebab Anda tidak akan tinggal secara permanen di apartemen ataupun rumah tersebut. Properti itupun adalah barang yang dapat rusak dan memerlukan biaya perawatan yang tidak sedikit. Untuk hal tersebut, pemilik rumah asli lah yang akan menanggung biaya renovasi dari rumah tersebut.

Kekurangan mengontrak rumah

Maupun terdapat banyak keuntungan yang bisa Anda dapatkan jika mengantar ke pertemuan ataupun rumah, namun ada pula sejumlah kekurangan yang harus anda ketahui. Berikut ini hal hal yang wajib Anda pertimbangkan untuk mengontrak apartemen ataupun rumah.

  • Menyewa rumah berarti melepaskan peluang untuk Anda berinvestasi, tidak peduli jumlah dana yang sudah ada keluarkan selama menempati rumah sewaan tersebut, Anda tidak akan pernah mendapatkan rumah itu.
  • Anda akan terus terbebani dengan beberapa biaya perbaikan sehari-hari. Meskipun Penyewa tidak membebani biaya renovasi, tetapi kerusakan kecil tetap saja Anda yang harus menanggung nya.
  • Pindahan tentunya memerlukan biaya tambahan bila masa sewa anda telah habis. Meskipun terdengar biayanya tidak seberapa, tapi bila sering berpindah tempat, maka total biaya yang akan Anda keluarkan menjadi sangat besar.

Keuntungan membeli rumah

Sama dengan menyewa, memiliki rumah sendiri pun mempunyai kelebihan dan juga kekurangan. Bagi Anda yang masih memiliki pendapatan terbatas atau merupakan pasangan baru, mungkin untuk membeli rumah ini sangat memberatkan Anda. 

Namun, keuntungan jika Anda membeli rumah justru terdapat pada jangka panjang. Di bawah ini terdapat sejumlah hal yang harus Anda ketahui tentang keuntungan membeli rumah.

  • Kepemilikan rumah merupakan investasi berjangka panjang yang pastinya menguntungkan. Karena setiap tahunnya harga rumah naik sangat tinggi. Hingga semakin cepat anda membeli rumah sebenarnya semakin menguntungkan. Rumah yang dibeli, pastinya merupakan investasi Anda untuk jangka panjang yang menjanjikan.
  • Masa depan keluarga tentu saja menjadi terjamin sebab rumah dapat diwariskan. Kembali lagi pada sifat rumah yang bisa menjadi at jangka panjang, rumah yang anda beli sekarang dapat diwariskan pada anak maupun cucu.
  • Rumah pribadi adalah aset yang dapat dijaminkan atau disewakan bila ada mengajukan pinjaman ke bank. Sertifikat rumah dapat menjadi jaminan yang bisa mempermudah Anda untuk mendapatkan dana dari bank.

Kekurangan membeli rumah

Meskipun begitu, sebelum anda memutuskan untuk membeli properti rumah ada sebaiknya mempertimbangkan hal hal berikut ini yang dapat merugikan ada di karena membeli rumah sekarang seperti:

  • Anda akan menanggung biaya perawatan yang tentu saja lebih besar. Khususnya di untuk perbaikan kerusakan sebab pemakaian seperti bocor ataupun dinding yang keropos.
  • Apabila Anda membeli rumah dengan sistem kredit, maka sistem keuangan di dalam keluarga Anda haruslah sangat baik. Apabila hingga terjadi kredit macet, Anda dapat kehilangan uang yang sudah Anda berikan selama ini juga rumahnya.
  • Jika Anda merupakan pasangan baru dengan pendapatan yang minim, tentu saja membeli rumah dengan mencicil akan memberatkan Anda karena cicilannya yang tidak murah.

Jadi kelebihan dan kekurangan dari membeli rumah sendiri atau mengontrak. Banyak yang beranggapan bila menyewa rumah lebih dulu merupakan rencana yang tepat dibandingkan membeli rumah. Tetapi semuanya kembali lagi pada pilihan Anda dan pasangan.