UKM Indonesia

Catatan UKM Indonesia

Simak Cara Berhemat yang Akan Membuatmu Kaya

Berhemat tentunya memberikan banyak manfaat. Selain membuat keuangan menjadi lebih baik dan sehat, berhemat juga membuat kita bijak dalam membelanjakan uang kita. Berhemat akan membuat kita memahami yang mana yang kita butuhkan dan yang mana yang kita inginkan. 

Mungkin bagi kamu yang masih sulit berhemat, kamu bisa melakukan cara berhemat berikut ini. Sudah bukan rahasia lagi bahwa perilaku hemat akan menuntunmu ke kekayaan. Lalu apa saja caranya?

Prioritaskan kebutuhan daripada keinginan

Kita sebagai manusia tentunya menginginkan banyak hal. Baik barang maupun makanan. Namun ada baiknya kamu bijak dalam membedakan yang mana yang kamu butuhkan dan inginkan. Karena kebutuhan dan keinginan sudah jelas perbedaannya. 

Kebutuhan adalah sesuatu yang tak bisa ditunda. Contohnya adalah papan, sandang, pangan. Sedangkan keinginan adalah sesuatu yang sifatnya masih bisa ditunda. Contohnya adalah barang mewah yang bisa kamu miliki di kemudian hari apabila keuanganmu mencukupi. 

Jangan sampai kamu salah menggolongkan kebutuhan dan keinginan. Kesalahan ini sering dianggap sepele karena dampaknya tak terlihat di jangka pendek. Namun dampaknya akan kamu rasakan di kemudian hari. 

Catat semua transaksi dan evaluasi

Mencatat transaksi yang telah kamu lakukan akan membuatmu mudah mengevaluasi keuanganmu. Kamu dapat dengan mudah mengetahui berapa banyak pengeluaran serta pemasukan dalam sebulan. Dari sanalah kamu dapat melakukan evaluasi sederhana untuk bulan berikutnya. 

Mencatat transaksi hampir mirip dengan membuat catatan keuangan pribadi. Kamu harus konsisten dalam mencatat transaksi yang telah kamu lakukan setiap bulannya. 

Jika kamu malas mencatat di note, kamu bisa mencatatnya di ponselmu. Sudah banyak aplikasi yang berguna untuk mencatat transaksi tanpa perlu repot menjumlahkannya. Kamu hanya perlu mencatat transaksi secara rutin, evaluasi akan muncul otomatis. 

cara berhemat

Menabung serta investasi

Sadar atau tidak, kamu akan rugi jika mengeluarkan uangmu untuk hal-hal yang tidak penting. Daripada membuang uangmu, kenapa tidak ditabung atau bahkan diinvestasikan saja? Keduanya akan sangat bermanfaat untuk masa depanmu kelak. 

Tujuan dari menabung dan investasi berbeda. Menabung bertujuan untuk menyiapkan dana yang akan kamu gunakan di masa depan. Sedangkan investasi bertujuan untuk mempertahankan nilai aset yang kamu miliki. Investasi sendiri memiliki banyak jenis. 

Cara menabung dan investasi juga semakin dipermudah dengan majunya teknologi. Kamu bisa melakukan dua aktivitas tersebut hanya menggunakan ponsel pintarmu. Transaksi juga dapat kamu lakukan di mana saja dan kapan saja tanpa ribet. 

Buatlah rekening tabungan terpisah

Tidak ada salahnya membuka rekening khusus untuk tabunganmu.Mengapa harus terpisah? Dengan memisah rekening utama dan tabungan, kamu bisa fokus pada dua fungsi rekening tersebut. Tentunya rekening tabungan tidak akan kamu gunakan untuk transaksi jual beli karena berbeda fungsi. 

Banyak bank yang menawarkan produk rekening tabungan yang bebas biaya admin dan proses pendaftaran juga mudah. Kamu bisa memilih salah satunya untuk membuka rekening tabungan khusus. 

Menerapkan hidup minimalis

Hidup minimalis tidaklah buruk. Hidup minimalis bukan didefinisikan kamu harus hidup secara pas-pasan. Melainkan kamu tetap memenuhi kebutuhanmu namun dengan porsinya masing-masing dan tidak berlebihan. 

Hidup minimalis akan membantumu mudah dalam berhemat. Sedikit banyak, kamu akan mendapatkan keuntungan lebih dengan menerapkan hidup minimalis. Hidup sederhana namun bahagia lebih mengasyikan daripada hidup mewah namun sangsara bukan? 

Seperti itulah cara berhemat yang mudah dan simpel yang bisa kamu coba.