UKM Indonesia

Catatan UKM Indonesia

Simak Pentingnya Investasi Bagi Milenial

Apakah kamu sudah memulai investasi? Kaum milenial biasanya tidak tertarik dengan dunia investasi. Mereka lebih banyak menghabiskan kekayaan mereka untuk hal lain. Traveling misal, barang-barang mewah misal. Namun tahukah kamu bahwa investasi sebenarnya penting untuk kaum milenial? 

Investasi tak hanya penting untuk orang dewasa lho. Rupanya investasi juga bisa bermanfaat untuk kalangan anak muda dan kaum milenial. Kamu harus tahu pentingnya investasi bagi milenial. Mungkin kamu akan tertarik untuk memulai investasi. 

Nilai kekayaan akan meningkat

Investasi tak hanya sekedar menyimpan uang dalam jangka waktu tertentu. Dengan investasi, nilai kekayaan yang kamu miliki akan meningkat. Termasuk aset properti seperti gedung, tanah, emas, dan properti lainnya. 

Apabila kamu sudah melakukan investasi sejak dini, artinya modal awal yang kamu miliki akan meningkat dalam beberapa tahun ke depan. Manfaat investasi sendiri tidak kamu rasakan sekarang. Manfaat investasi akan kamu rasakan ketika kamu sudah dewasa atau bahkan sudah tua nanti. 

Terlindungi dari inflasi

Sudah bukan rahasia lagi bahwa inflasi selalu terjadi setiap tahun. Jika kamu belum memahami arti inflasi, kamu bisa mencarinya di internet. Lantas bagaimana cara mengatasi kejadian inflasi yang pasti terjadi ini? Investasi adalah jawabannya. Dengan investasi, modal yang kamu simpan akan aman dan tidak tergerus nilainya. 

Investasi terbukti menjadi salah satu cara mengatasi adanya inflasi. Inflasi sendiri memiliki pengaruh signifikan terhadap perekonomian. Kegiatan ekonomi yang paling terpengaruh adalah kegiatan jual beli. Keberadaan inflasi dapat melemahkan daya beli masyarakat. Untuk menghindari hal tersebut, solusi yang tepat adalah inflasi. 

Masa depan yang cerah

Saat kamu mulai tua, tentunya penghasilan yang kamu terima tidak sebanyak saat usiamu masih muda dan produktif. Pengeluaran akan semakin meningkat saat kamu di usia tua. Sedangkan penghasilan terus berkurang. Solusi yang tepat untuk menangani krisis ini adalah investasi sejak muda. Inilah mengapa pentingnya investasi bagi milenial. 

Dengan melakukan investasi sejak muda, kamu akan menikmati masa depan yang cerah. Kamu tidak perlu khawatir mengalami krisis karena kamu sudah menyiapkan modal di awal. Modal yang kamu kumpulkan akan berguna untuk masa tuamu kelak. 

pentingnya investasi bagi milenial

Pilihan Investasi

Setelah mengetahui pentingnya investasi bagi milenial, kamu bingung ingin berinvestasi jenis apa sebagai permulaan? Jangan khawatir, berikut ini adalah beberapa pilihan investasi yang bisa kamu pilih. 

1. Deposito

Apa kamu mengenal deposito? Deposito dapat menjadi pilihan investasi sejak dini untukmu. Cara membuka deposito sendiri terbilang mudah dan simpel. Untuk membuka rekening deposito, kamu bisa mendatangi cabang bank di dekat tempat tinggalmu. Kemudian kamu harus menunjukkan KTP dan mengisi formulir untuk membuka rekening deposito. 

2. Emas 

Investasi emas banyak dipilih oleh berbagai kalangan. Tak hanya mudah, tapi juga menguntungkan. Banyak juga kalangan milenial yang memilih instrumen emas sebagai instrumen investasi. Apakah kamu tertarik untuk berinvestasi emas? 

Investasi emas memang keuntungannya tidak dirasakan dalam waktu cepat. Namun kamu akan mendapatkan manfaatnya di beberapa tahun berikutnya.

3. Reksadana

Pilihan investasi lainnya yang bisa kamu pilih adalah reksadana. Mengapa reksadana? Karena investasi reksadana tergolong lebih mudah dibandingkan instrumen investasi lainnya. Selain itu, modal yang dikeluarkan untuk investasi reksadana tidaklah terlalu besar. 

Reksadana membuatmu mudah melakukan investasi. Konsep dari reksadana adalah kamu menitipkan modal untuk melakukan investasi. Orang yang dititipi inilah yang nantinya akan mengatur keuangan investasimu.