UKM Indonesia

Catatan UKM Indonesia

Tips Mengatur Keuangan Anti Ribet yang Kamu Harus Tau

Selalu bisa mencukupi kebutuhan adalah impian setiap orang. Namun untuk bisa mewujudkannya kita harus pandai dalam mengatur keuangan. Dengan jumlah pemasukan yang sama dan kebutuhan yang tidak terduga setiap bulannya, kita harus mempunyai trik-trik jitu untuk menghemat pengeluaran agar kebutuhan tetap tercukupi walaupun sudah akhir bulan. Selain itu dibutuhkan juga konsistensi kita dalam mengatur pengeluaran agar hasilnya tetap efektif dan menjadi lebih terbiasa.

Saat ini teknologi semakin berkembang pesat sehingga memudahkan masyarakat untuk membelanjakan uangnya hanya dengan sekali sentuh. Karena itu, masyarakat menjadi lebih konsumtif dan terlalu mudah untuk menghambur-hamburkan uang bahkan untuk hal yang tidak terlalu penting. Sehingga kita harus lebih pandai untuk memilah dan memilih mana kebutuhan dan keinginan. Sebaiknya kita tidak membelanjakan uang kita untuk membeli sesuatu yang kurang bermanfaat. 

Beberapa tips di bawah pasti akan membantumu untuk lebih mudah mengatur keuangan:

1. Membuat Monthly Plan

Rencana bulanan atau biasa disebut monthly plan menjadi hal yang wajib kamu buat saat akan memasuki awal bulan. Kamu harus punya rencana tentang apa yang akan kamu lakukan sehingga kamu bisa menyusun daftar belanja bulanan dan menghitung estimasi pengeluaran diluar kebutuhan pokokmu. Monthly plan bisa kamu buat di handphone dengan menggunakan aplikasi note atau bisa juga ditulis di buku pencatatan bulanan. Kalau kamu belum pernah membuatnya, mungkin bisa dimulai dari hari ini agar rencanamu menjadi lebih tertata dan keuanganmu menjadi lebih teratur. 

2. Jangan Membawa Banyak Uang di Dompet

Cara ini akan membuat kamu lebih berhati-hati dalam mengeluarkan uang karena jumlahnya yang terbatas. Dengan membawa banyak uang, kamu akan merasa mampu untuk memiliki barang yang memanjakan matamu tanpa mempertimbangkan apakah di akhir bulan uangmu masih cukup atau tidak. Akan sangat repot bukan kalau kamu kehabisan uang di tengah-tengah bulan?

3. Jangan Mengisi E-Wallet dengan Jumlah yang Besar

Selain jangan membawa banyak uang di dompet, kamu juga harus menghindari menyimpan banyak uang di E-Wallet (Gopay, OVO, ShopeePay, DANA, dll) karena itu bisa membuat kamu menjadi lebih boros. Meski banyak sekali penawaran diskon yang akan kamu dapatkan jika berbelanja dengan E-Wallet, tapi kamu harus menyesuaikan dengan kapasitas dompetmu ya sobat!

4. Menggunakan Metode 50/20/30

Salah satu cara menghitung pengeluaran yang efektif adalah dengan metode 50/20/30. Metode ini dicetuskan oleh Elizabeth Warren dalam bukunya yang berjudul All Your Worth: The Ultimate Lifetime Money Plan. Metode ini dilakukan dengan membagi pengeluaran bulanan ke dalam 3 bagian yaitu kebutuhan (needs), tabungan (savings), dan keinginan (wants). Dengan menggunakan metode ini berarti kamu akan mengeluarkan 50% dari pendapatan untuk kebutuhan primer (makan, bayar biaya sewa rumah, transportasi, dll) yang mana akan terganggu jika tidak terpenuhi. Selanjutnya 20% dari pendapatan kamu gunakan untuk menabung, karena kita tidak akan pernah tau kapan kita akan membutuhkan dana dadakan atau dana darurat. Untuk 30% nya kita gunakan untuk memenuhi keinginan, contohnya untuk liburan atau membeli barang yang kita inginkan. Jangan lupa untuk memikirkan fungsi dari barang yang kita beli ya sobat!

Kunjungi: Senyumku.com

5. Menabung & Investasi

Hal ini penting sekali untuk kita lakukan karena kita tidak akan tahu keadaan di masa yang akan datang. Bisa saja kamu menabungkan dalam bentuk uang, dan juga bisa ditabungkan ke dalam bentuk aset seperti emas, tanah, atau saham. Jangan lupa untuk menentukan tujuan kamu menabung dengan jelas ya sobat agar kamu bisa termotivasi untuk selalu menabung. Jika mau menabung dalam bentuk uang, sebaiknya kamu memasukkannya ke dalam rekening terpisah atau rekening bank yang tidak menggunakan ATM agar terhindar dari mengambil tabungan sewaktu-waktu.

6. Bawa Bekal ke Kantor / Sekolah

Cara ini terbukti ampuh untuk menghemat pengeluaran lho sobat, dengan membawa bekal dari rumah kita akan meminimalisir pengeluaran untuk membeli makan atau jajan di luar. Selain hemat, membawa bekal juga membuatmu lebih sehat karena di masak di rumah dan tanpa bahan pengawet, juga makanan yang kamu bawa bisa disesuaikan dengan apa yang sedang ingin kamu makan.

7. Terapkan Gaya Hidup Minimalis

Dengan hidup minimalis, kita akan menjadi lebih hemat dan space di rumah menjadi lebih luas karena kita tidak akan membeli atau menyimpan barang-barang yang tidak kita butuhkan. Dengan gaya hidup minimalis, keuangan akan menjadi lebih teratur dan uang kita bisa lebih banyak disimpan untuk kebutuhan di masa yang akan datang.

Tips & trik di atas bisa kamu gunakan untuk mengatur keuangan kamu agar tetap bisa berhemat, sangat praktis dan mudah untuk diterapkan bukan? Selamat mencoba!