UKM Indonesia

Catatan UKM Indonesia

Cara Terbaik Untuk Meluapkan Emosi

Emosi adalah suatu hal yang lumrah terjadi pada setiap orang. Hal tersebut terjadi karena Tuhan mengaruniakan perasaan kepada setiap manusia. Bentuk dari luapan emosi pun berbeda-beda untuk setiap orangnya. Luapan emosi tersebut biasanya terjadi karena adanya masalah yang dihadapi entah itu dari keluarga, hubungan pertemanan, studi, pekerjaan, atau banyak hal lain yang pada akhirnya menimbulkan tekanan batin dan menimbulkan emosi yang ingin terluapkan.

Meluapkan emosi bukanlah hal yang salah. Tapi kita harus mengarahkan luapan emosi tersebut pada hal-hal yang tepat. Jangan sampai luapan emosi yang kita lakukan malah menimbulkan masalah baru yang malah menjadikan posisi kita jadi semakin bermasalah. Emosi memang harus dilepaskan, jangan dipendam karena malah bisa menjadi bom waktu di masa depan ketika terus menerus dipendam. Dengan mengarahkan luapan emosi ke hal-hal yang tepat kita bisa menjadi lebih rileks dan tenang serta menghindarkan kita dari kemungkinan hal-hal yang tidak diinginkan termasuk rentetan masalah baru yang bia saja terjadi. Lalu bagaimana cara terbaik untuk meluapkan emosi? Mari kita simak beberapa cara terbaik untuk meluapkan emosi.

Cara Terbaik Untuk Meluapkan Emosi

  • Mengatur nafas

Salah satu cara yang bisa dicoba untuk meluapkan emosi adalah dengan merilekskan diri dengan mengatur nafas. Kondisi yang tegang karena amarah dan emosi bisa dirilekskan dengan cara mengatur nafas. Ambil beberapa nafas panjang untuk bisa lebih meredakan emosi dan juga memberikan banyak suplai oksigen ke otak agar bisa sedikit menenangkan dan bisa berpikir lebih jernih. Kondisi rileks akan membuat kita lebih mudah dalam mengendalikan emosi dan juga meredam amarah yang bisa merugikan kita apabila tidak bisa terkontrol dengan baik.  

  • Menangis

Menangis bisa melegakan dan juga sebagai cara meluapkan emosi yang tepat. Walaupun banyak mengidentikkan menangis dengan perempuan, menangis adalah hal yang manusiawi dilakukan oleh siapapun termasuk laki-laki. Menangis adalah hal alami yang akan muncul ketika seseorang sedang dalam kondisi emosi yang meluap-luap. Dengan menangis, kita bisa meluapkan semua emosi dan bisa merasa lebih lega. Dengan menangis setidaknya tekanan batin akan sedikit lebih longgar dan emosi bisa terluapkan dengan baik. Ketika memang harus menangis, jangan ditahan dan biarkan emosi ikut meluap bersama tangisan yang akan membuat kita jauh merasa lebih tenang dan lega setelahnya.

  • Menulis

Menulis juga bisa menjadi salah satu pilihan yang tepat untuk meluapkan emosi. Dengan meluapkan semua emosi melalui tulisan, kita bisa meluapkan emosi dengan cara yang lebih baik. Ungkapkan semua yang ingin diungkapkan melalui kata-kata bisa memberikan kelegaan setelahnya. Cara ini biasanya juga efektif untuk meluapkan emosi sembari menangis. Dengan menulis, semua kata-kata yang tak terucap bisa diluapkan dengan tulisan dan kita pun bisa lebih bebas dalam meluapkannya. Selain bisa sebagai sarana untuk meluapkan emosi, menulis juga bisa jadi karya yang mungkin saja bisa menghasilkan karena banyak peminat untuk membacanya. 

  • Curhat

Curhat juga bisa menjadi salah satu cara yang paling tepat untuk meluapkan emosi. Dengan menceritakan segala keluh kesah yang menyesakkan kita bisa meluapkan semua emosi yang bisa membuat kita bsa menjadi lebih lega. Tentu saja kita harus memilih orang yang tepat sebagai tempat kita akan curhat. Jangan sampai kita salah memilih yang nantinya malah bisa menjadi boomerang yang akan menyerang kita dan malah pada akhirnya kita bisa menjadi semakin emosi karenanya. Pilihlah orang yang tepat dan dapat dipercaya untuk menerima segala keluh kesah ketika kita curhat agar upaya kita untuk meluapkan emosi tidak menimbulkan masalah baru. Kita juga bisa menggunakan jasa psikolog bila memang diperlukan agar bisa lebih meluapkan apa yang menjadi beban di hati dan menjadi pemicu emosi.

  • Menyendiri sejenak

Untuk menenangkan diri dan meluapkan emosi kita bisa meluangka waktu untuk menyendiri sejenak. Dengan mengambil waktu menyendiri dan menikmati kesendirian itu tanpa adanya orang lain kita bebas mengekspresikan semua keluh kesah dan emosi tanpa harus malu dilihat oleh orang lain. Memuaskan diri untuk melamun ataupun mencoba mengkoreksi diri dan mencari sumber masalah akan jauh lebih baik karena dengan menyendiri kita juga jadi bisa terhindar dari kemungkinan provokasi oleh orang-orang yang tidak mengetahui kondisi kita pada saat tersebut. Dengan menyendiri juga memberi kesempatan kita untuk menginterospeksi diri agar bisa menjadi lebih baik kedepannya. 

  • Melakukan hal-hal yang disukai

Hal yang terbaik yang bisa dilakukan untuk meluapkan emosi berikutnya adalah dengan melakukan semua hal-hal yang disukai. Dengan melakukan hal-hal yang disukai untuk meluapkan emosi sekaligus menghibur diri kita juga bisa sejenak melupakan segenap masalah yang menjadi pangkal dari emosi dan bisa membuat kita lebih tenang setelahnya. Banyak hal yang bisa dilakukan seperti berjalan-jalan, makan makanan yang disukai, travelling, belanja, memancing, berkendara keliling kota ataupun semua hal yang disukai yang bisa menghibur diri. 

Itulah beberapa cara terbaik untuk meluapkan emosi. Dengan meluapkan emosi ke hal-hal yang tepat kita bisa terhindar dari segala kemungkinan rentetan masalah baru yang bisa saja terjadi bila kita salah memilih cara meluapkan emosi. Hal yang harus tetap diingat adalah dengan meluapkan emosi, masalah tidak serta merta selesai. Kita harus tetap bersikap dewasa dan menyelesaikan masalah tersebut agar tidak berlarut-larut dan menjadi boomerang lagi di masa depan.