UKM Indonesia

Catatan UKM Indonesia

Begini Lho Cara Atur Uang Pribadi

Di tanggal muda, di mana kita menerima gaji atau memiliki uang berlebih, hal yang patut kita waspadai adalah perilaku konsumtif. Perilaku konsumtif ini sering kali menyulitkan kita semua untuk menabung maupun berinvestasi. Padahal kedua aktivitas tersebut sangat penting untuk kesejahteraan kita nanti di masa yang akan datang. 

Masalah finansial seringkali membuat kita tertekan dan berujung dengan stress berlebihan. Hal ini karena kita tak tahu cara mengatur uang pribadi kita. Sebaiknya kita mulai mempelajari cara atur uang pribadi sejak dini agar tidak menyesal dikemudian hari. 

Kata siapa mengatur uang pribadi itu sulit? Ada banyak cara simpel dan mudah yang bisa kamu lakukan untuk mengatur uang pribadi mu. Beberapa cara mungkin terdengar sepele. Tapi siapa tahu akan sangat berguna untuk dikemudian hari. Berikut ini adalah cara atur uang pribadi yang bisa kamu coba.

Membuat catatan keuangan pribadi

Catatan keuangan pribadi mungkin kelihatannya tidak terlalu penting. Hanya berisikan pemasukan dan pengeluaran saja, apa pentingnya? Tapi siapa sangka cara ini merupakan cara sederhana yang efektif untuk mengatur uang pribadi. 

Salah satu fungsi dari catatan keuangan pribadi adalah kamu dapat mengetahui kemana saja uangmu dibelanjakan. Dengan melakukan analisa sederhana, kamu bisa memilih pengeluaran apa yang sekiranya bisa kamu kurangi. Dengan catatan keuangan pribadi, kamu juga bisa mencapai target yang sudah kamu tentukan. 

Membuat anggaran bulanan

Membuat anggaran bulanan berbeda dengan membuat catatan keuangan pribadi. Namanya juga anggaran bulanan, pastinya berbeda. Lalu seperti apa anggaran bulanan itu? Apa sulit untuk dilakukan dan dicoba? Nyatanya tidak. 

Umumnya formula yang digunakan untuk menentukan anggaran bulanan adalah 40-30-20-10. Apa maksudnya? Maksudnya adalah 40% digunakan untuk keperluan sehari-hari seperti belanja bulanan. 30% digunakan untuk membayar cicilan dan hutang apabila kamu memilikinya. 20% digunakan untuk menabung dan investasi guna masa depanmu. 10% digunakan untuk sedekah atau zakat. 

Tentunya formula ini bisa kamu sesuaikan dengan keadaanmu. Karena penghasilan setiap orang pastinya berbeda-beda. Kamu bisa dengan bebas menentukan formula anggaran bulanan milikmu sendiri. 

cara atur uang pribadi

Buat dana darurat dan tabungan investasi

Dana darurat adalah elemen yang sangat penting. Dana ini digunakan di waktu tertentu saja, tidak setiap saat. Dana darurat akan membuat kita terhindar dari krisis apabila di masa depan kita mengalami musibah atau bencana. Kita sebagai manusia tak akan tahu apa yang akan menimpa kita bukan. 

Mengumpulkan dana darurat tidaklah sulit. Kamu bisa mengumpulkan dana darurat dari tabungan investasi. Menyiapkan dana darurat sejak dini akan sangat bermanfaat untukmu di masa depan nanti. 

Miliki asuransi kesehatan dan jiwa

Mungkin masih banyak diantara kita yang menganggap bahwa asuransi merugikan. Selain kita harus membayar asuransi setiap bulan, manfaatnya juga belum kita rasakan. Padahal asuransi memiliki banyak manfaat. 

Sudah banyak perusahaan dibidang asuransi yang menawarkan berbagai produk untuk para nasabahnya. Tentunya jumlah premi yang dibayarkan juga berbeda-beda setiap bulannya. Kamu bisa memilih jenis asuransi mana yang bermanfaat untukmu di masa depan nantinya. 

Segera lunasi hutang atau cicilan

Sebisa mungkin sebaiknya kamu menghindari yang namanya berhutang. Berhutang bisa dijadikan sebagai pilihan terakhir dalam mengambil keputusan. Jika kamu terpaksa berhutang, maka segera lunasilah. Dengan melunasi hutang sesegera mungkin, kamu secara tidak langsung telah menyelamatkan uangmu. 

Nah, seperti itulah cara atur uang pribadi yang bisa kamu coba.