UKM Indonesia

Catatan UKM Indonesia

Sering Disepelekan, Ini Kegunaan yang Didapat dari Uang Receh

Untuk sebagian orang, uang receh atau koin diremehkan bahkan diabaikan keberadaannya. Padahal, banyak sekali cara yang dapat dilakukan uang receh sehingga bisa membantu Anda mengelola keuangan sehari-hari. Alasan orang memandang rendah uang receh sangat beragam yaitu yang paling pertama uang koin terasa berat untuk dibawa dan tidak praktis untuk dimasukkan ke  dalam dompet Anda. Untuk membawa recehan juga susah karena harus menyiapkan dompet tersendiri untuk memasukkan receh. 

Kedua, uang receh jika dilihat sekilas akan terlihat tidak berharga karena sangat murah. Mungkin  Anda tidak akan sedih jika kehilangan  100 rupiah, 200 rupiah atau  500 rupiah sejauh ini. Bahkan banyak sekali orang yang membiarkan uang koin tercecer begitu saja. Uang koin memang memiliki nilai yang rendah, tetapi jika Anda mengumpulkannya dengan mantap dan gigih, itu akan membuat perbedaan. Kemudian secara bertahap uang itu akan menjadi sangat berharga.

Seseorang merasa memerlukan uang koin hanya ketika dia sudah kesulitan dengan dengan anggaran bulanan yang menipis. Perubahan ini tidak boleh dianggap enteng. Tanpa seratus rupiah, berapapun uang yang Anda miliki, jumlahnya tetap kecil. Ketika Anda pergi ke ATM dan menarik uang, ATM tidak akan menarik uang jika saldo  kurang dari 500 rupiah. Atau sebagai alternatif, jika Anda berbelanja di supermarket, dengan uang Anda kurang dari 100 rupiah, Anda tidak dapat membawa belanjaan Anda sampai harganya ditentukan. 

Uang koin sering kali dibiarkan tercecer, karena dianggap bukan masalah besar sebab uang koin memiliki nilai yang jumlahnya kecil, namun ternyata memberikan manfaat yang tidak boleh dianggap remeh. Selain Dapat dibagikan kepada pengamen, ternyata uang receh juga bisa membantu mengatur keuangan Anda sehari-hari. Jika Anda ingin mengetahui manfaat apa  yang mungkin Anda dapatkan, berikut adalah kegunaan yang didapat dari uang receh;

1. Pahlawan akhir bulan

Krisis keuangan di akhir bulan bukanlah hal baru bagi Anda semua, terutama bagi pelayang yang merantau atau Anda sebagai pekerja yang rata-rata digaji per bulan. Kondisi ini sering terjadi pada pertengahan atau akhir bulan. Ketika ini terjadi, para imigran biasanya sangat hemat. Tujuannya tentu saja  agar ada sisa uang sampai gajian atau transfer bulanan. Pada saat seperti itu, barang kecil yang dianggap tidak  memiliki nilai tiba-tiba menjadi barang mahal dan memiliki nilai yang sangat penting. Jika Anda termasuk orang yang rajin dan sabar mengumpulkan koin-koin ini  akan menjadi pahlawan di situasi sulit keuangan Anda.

2. Menabung uang receh terasa ringan

Menyimpan uang  terkadang sulit. Tapi ini bukan hanya tentang mengumpulkan satu sen di sini. Bayangkan koin yang telah Anda kumpulkan secara bertahap meningkat. Tidak mungkin gunung perubahan akan berubah menjadi  tabungan di masa depan nanti. Uang kembalian itu kemudian dapat ditukar dengan uang kertas, yang dapat Anda pakai untuk memenuhi kebutuhan harian atau membeli barang dan jasa yang telah lama diinginkan.

3. Barang Antik

Uang koin yang sudah tidak diedarkan lagi dapat mengalami kenaikan nilai yang sangat signifikan. mengapa? Hal ini karena tergolong barang langka dan akan diburu para kolektor uang koin. Jadi, tentunya uang koin tersebut jadi memiliki nilai jual yang sangat tinggi. Jika Anda telah mengumpulkan sejumlah besar uang kembalian, Anda dapat menukar sebagian besar uang tersebut dengan uang kertas  yang bernilai lebih tinggi dan mengumpulkan sedikit saldo.

4. Untuk jajan Anak

Tidak dapat dipungkiri bahwa koin ini memiliki kelebihan dalam kehidupan kita sehari-hari juga. Salah satunya dapat dijadikan uang jajan untuk anak-anak. Biasanya, anak kecil  tidak akan menggunakan uang hingga puluhan ribu hanya untuk jajan. Sehingga tidak ada salahnya jika Anda menggunakan uang receh untuk keperluan jajan anak sebelum mengeluarkan uang pecahan Rp50.000 atau Rp100.000. Anda tidak hanya akan menghemat uang, tetapi uang receh akan memudahkan Anda membeli makanan ringan dan mengajari anak Anda menghargai uang.

5. Pendingin laptop

Jika Anda belum memiliki pendingin atau cooler  laptop? Anda tidak perlu mengeluarkan uang untuk membelinya. Anda dapat menggunakan uang koin sebagai pendingin saat laptop dalam keadaan panas. Bagaimana dengan bisa uang koin menjadi pendingin laptop? Hal ini dapat terjadi karena kandungan tembaga pada koin tersebut yang merupakan konduktor yang lebih baik daripada kandungan aluminium pada laptop dan merupakan heatsink yang baik. Metode ini juga diketahui telah digunakan oleh Masyarakat di negara Jepang dan dapat menyebabkan suhu  laptop turun. 

Demikianlah penjelasan mengenai kegunaan Uang receh dalam kehidupan sehari-hari. Sekarang Anda dapat mulai mengumpulkan uang koin dari hal hal kecil untuk dapat ditukarkan menjadi hal yang jauh lebih besar di kemudian hari.