UKM Indonesia

Catatan UKM Indonesia

Tanda-tanda Mental Kamu Sedang Kelelahan

Pernahkah Anda merasakan kelelahan setiap hari dengan perasaan yang sedikit cemas dan sedikit mager ketika harus beraktivitas kembali esok harinya? ketika sudah istirahat yang dirasa cukup namun masih merasakan kurangnya konsentrasi melakukan pekerjaan kantor? hal ini bisa jadi Anda memiliki indikasi sedang mengalami kelelahan mental.

 

Kelelahan mental adalah keadaan dimana psikis sedikit terganggu karena aktivitas yang pada dan berkepanjangan dan menunjukkannya dengan perasaan subjektif, seperti sering rebahan dan kurang bersemangat beraktivitas. Kelelahan mental yang dialami oleh seseorang banyak disebabkan karena kelelahan bekerja, tekanan dari pekerjaan sehingga menghabiskan banyak energi dalam jangka waktu yang lama.

 

Menjaga kesehatan mental merupakan hal yang sangat penting bagi orang dewasa, akan tetapi masih banyak orang yang mengabaikannya karena masih belum banyak yang tahu cara mengatasi dan bagaimana tanda-tandanya orang tersebut mengalami kelelahan mental. beberapa orang yang mengalami kelelahan mental hanya mengetahui kelelahan sebatas fisik saja seperti sakit kepala, turunnya berat badan, depresi, pegal-pegal dan sejenisnya. 

 

Pada dasarnya kelelahan mental juga dapat diatasi dengan menenangkan diri dan menjauhi keadaan yang sekiranya membuat Anda tertekan dari fisik maupun pikiran, misalnya mengambil cuti untuk liburan beberapa hari supaya pikiran lebih segar, lalu melakukan kegiatan yang sekiranya Anda senangi seperti hobi atau sejenisnya.

 

Berikut ini akan diberikan beberapa indikasi bahwa Anda memiliki kecenderungan kelelahan mental,

 

  1. Rasa Kurang Sabar
    tanda kelelahan mental yang paling banyak terjadi adalah memiliki rasa kurang sabar akan sesuatu, entah dalam mengambil keputusan dan juga hal-hal kecil seperti dalam membeli makanan namun tidak sabar untuk mengantri. hal tersebut mungkin menjadi tanda-tanda Anda mengalami kelelahan mental.

  2. Mudah tersinggung
    tanda kelelahan mental selanjutnya adalah mudah tersinggung, hal ini biasanya terlihat dari seseorang yang sedang diajak berbicara namun ada beberapa hal dari ucapan lawan bicaranya tidak ada kecocokan sehingga akan terjadi ketegangan dengan lawan bicaranya. tanda kelelahan mental ini terjadi karena tubuh merespon terhadap sesuatu perkataan yang kurang pas menjadi rasa waspada di dalam lingkungannya.

  3. Kehilangan Konsentrasi
    tanda kelelahan mental selanjutnya adalah dengan menunjukan sering hilangnya konsentrasi dalam mengerjakan tugas dalam satu waktu, hal tersebut menunjukan kelelahan mental yang mengakibatkan melemahnya otak sehingga membuat beberapa fungsi alami manusia akan mulai menurun.

  4. Insomnia
    tanda kelelahan mental selanjutnya mengakibatkan seseorang mengalami masalah gangguan tidur atau biasa disebut insomnia. kondisi ini dapat terjadi karena tubuh manusia mengalami kelelahan secara mental dan fisik sehingga tidak memiliki mode relaksasi. padahal memiliki waktu tidur yang cukup akan membuat aktivitas lebih segar kembali dan juga jika kelelahan mental ini berlarut akan membuat menurunnya kondisi fisik seseorang.

  5. Tidak Merawat Diri
    Tanda kelelahan mental selanjutnya yang paling terlihat menyedihkan dimata orang lain, karena ketika seseorang mengalami kelelahan mental yaitu tidak memiliki rasa untuk merawat diri sendiri, cenderung menarik diri secara kehidupan bersosial dan menunjukan hal yang mengkhawatirkan dalam polah hidup seperti makan dan istirahat.

  6. Tidak Memiliki Motivasi Hidup
    tanda kelelahan selanjutnya adalah kecenderungan memiliki sifat pemalas yang dari waktu ke waktu semakin parah sehingga tidak pernah ingin mengerahkan upaya serius dalam mengerjakan sesuatu hal. namun jika seseorang yang sebelumnya memiliki motivasi tinggi dan berprestasi baik, lalu sekarang tidak memilikinya, nah hal tersebut bisa menjadi tanda-tanda jika orang itu kelelahan mental.

  7. Emosi tidak stabil
    tanda kelelahan selanjutnya adalah seseorang menjadi sangat sensitif ketika menghadapi sesuatu dan meluapkan perasaannya dengan emosi berlebih dan akan mempengaruhi ketika bertemu orang lain, hal tersebut menjadi tidak masuk akal ketika emosi yang meluap luap pada orang lain dengan tanpa sebab yang pasti.

  8. Kelelahan Fisik
    tanda kelelahan selanjutnya adalah dengan terlihat kondisi fisiknya menurun dan juga sering terserang penyakit seperti sakit kepala, asam lambung, nyeri sendi dan lain lain, hal tersebut harus bisa diatasi karena jika dalam jangka waktu panjang akan berbahaya untuk kesehatan orang tersebut.

  9. Tugas Kecil Menjadi Beban
    tanda kelelahan selanjutnya adalah seseorang yang diberikan tugas kecil namun terasa sulit, karena terlalu banyak beban pikiran yang mengganggunya sehingga tugas kecil tersebut hanya akan tidak selesai sesuai waktu yang ditentukan.

  10. Sering Berdebat Tanpa Alasan
    tanda kelelahan yang terakhir adalah kecenderungan seseorang mendebatkan sesuatu hal kecil menjadi debat yang lebih serius, lalu tidak punya alasan khusus untuk sepakat dengan lawan bicaranya. hal ini juga menjadi tanda kelelahan mental yang penyebabnya bisa karena kebutuhan yang tidak terpenuhi sesuai harapan dan rasa frustasi berlebih ketika berinteraksi dengan orang lain.

Nah, itulah ulasan tentang kecenderungan jika kamu memiliki kelelahan mental, selalu jaga mood dan jangan pernah pelit untuk berlibur karena dengan liburan pikiran akan lebih fresh!.