UKM Indonesia

Catatan UKM Indonesia

Cara Berdamai dengan Diri Sendiri

Manusia tidak akan pernah bisa terhindar dari sebuah masalah dan tak jarang itu berasal dari kesalahannya sendiri. Bahkan seringkali kesalahan itu terus diingatnya sampai menjadi beban. Hidup pun jadi tak tenang karena terus menerus menyalahkan diri sendiri.

Hal itu akan sangat mengganggu pikiran dan kemungkinan bisa menyerang kesehatan mental kita. Ini tentu bukan hal yang baik jika terus dibiarkan terlalu lama. Memaafkan diri sendiri adalah cara yang tepat untuk membuat hidup jadi lebih damai. Melupakan semua kesalahan yang telah dilakukan dan mulai berdamai dengan diri sendiri.

Bagaimana caranya bisa berdamai dengan diri sendiri ditengah penyesalan yang terus dirasakan ? Simak penjelasan berikut ini.

Berdamai dengan Diri Sendiri

Tidak bisa kita pungkiri bahwa akan selalu ada masalah dalam hidup yang kita jalani. Dan sudah sewajarnya jika manusia berbuat salah dan khilaf. Namun, jangan sampai kesalahan itu membuat kita tidak berhenti menyalahkan diri sendiri. 

Meskipun rasa bersalah sedang menyelimuti jiwa kita, namun kedamaian tetap bisa kita dapatkan. Tidak ada cara lain selain berdamai dengan diri sendiri dan menerima semua yang sudah terjadi. Berikut cara yang bisa dilakukan untuk berdamai dengan diri sendiri :

1. Jujur terhadap Diri Sendiri

Cara pertama yang bisa dilakukan yaitu jujur pada diri sendiri. Berani mengakui kesalahan yang sengaja maupun tidak sengaja dilakukan dan tidak bersikap denial. Karena semakin kamu melakukan penolakan atas apa yang sudah terjadi, maka semakin sulit bagimu untuk memaafkan diri sendiri.

Pahamilah bahwa setiap manusia pasti pernah melakukan salah dan memiliki kekurangan. Dengan bersikap jujur pada diri sendiri, kamu akan menerima semua kekurangan itu dan tidak mencoba lari dari masalah.

2. Fokus pada Hal yang Bisa Dikendalikan

Kedamaian hidup sulit tercapai jika kamu terus menerus memikirkan sesuatu hal yang tidak bisa kamu kendalikan atau di luar batas kemampuanmu. Apalagi jika kesalahan yang kamu lakukan sudah diluar kendalimu.

Siapa pun pasti tidak bisa mencegah masalah yang akan datang menghampiri. Jadi, fokuslah pada hal-hal yang memang masih bisa kamu kendalikan saja. Abaikan pikiran-pikiran negatif dan ketakutan atas apa yang akan terjadi nantinya. Semua itu justru bisa membuatmu stres serta gelisah sepanjang waktu. 

3. Belajar Menjadi Orang yang Pemaaf

Siapapun pasti pernah merasa marah dan kecewa dengan orang di sekitarnya. Respon tersebut sangatlah wajar karena sikap orang lain yang kadang menyakiti hati.

Namun, alangkah lebih baiknya jika mulai dari sekarang kamu belajar memaafkan kesalahan orang lain maupun diri sendiri. Menyimpan amarah dan dendam tentu tidak membuat hidupmu tenang. Selain itu, bisa berdampak buruk juga pada kesehatan fisik dan mentalmu.

Menjadi orang yang pemaaf tidak akan merugikanmu. Bahkan kedamaian dan kebahagiaan dalam hidup bisa kamu dapatkan. 

Cara Berdamai dengan Diri Sendiri

3. Berikan Ruang untuk Diri Sendiri 

Terkadang orang lain tidak memahami apa yang sedang kamu rasakan. Dan seringkali mereka justru membuatmu semakin tidak tenang dengan ucapan ataupun perlakuan yang tidak seharusnya. 

Maka dari itu, baiknya kamu berikan ruang untuk dirimu sendiri. Menjauhlah sejenak dari orang-orang sekitar dan keramaian. Cara ini akan membantumu untuk mendapatkan ketenangan batin dan pikiran. Selain itu, kamu juga bisa menghabiskan banyak waktu untuk lebih memahami diri sendiri, intropeksi, dan memgevaluasi atas apa yang terjadi. 

4. Menyikapi Masalah dengan Bijak

Cara berdamai dengan diri sendiri berikutnya yaitu bijak dalam menyikapi sebuah masalah. Mencoba untuk tetap tenang dan jangan sampai mudah terbawa emosi. 

Karena emosi bukanlah sebuah solusi, justru bisa memperkeruh keadaan. Memilih lari dari masalah juga bukan penyelesaian. Sikapi setiap masalah dengan bijak dan yakinlah bahwa apapun masalah yang terjadi pasti akan selalu ada pelajaran yang bisa diambil. 

Dengan cara ini, hati pun terasa lebih damai. Kedepannya akan semakin mudah juga bagimu untuk menjalani kehidupan ini. 

5. Luangkan Waktu untuk Berlibur dan Meditasi

Cara yang terakhir ini mungkin bisa kamu coba untuk berdamai dengan sendiri. Karena melakukan meditasi maupun liburan terbukti membuat pikiran menjadi lebih tenang. 

Pilihlah tempat-tempat yang jauh dari keramaian seperti pegunungan, hutan wisata atau pantai. Berikan kesempatan untuk merelaksasikan tubuh serta pikiran dengan meilhat pemandangan alam yang menajubkan. Dengan begitu, kamu akan sejenak teralihkan dari hal-hal yang membuatmu gelisah. 

Tak hanya itu, lakukanlah meditasi untuk berdamain dengan diri sendiri. Karena manfaat dari meditasi itu tidak hanya akan dirasakan oleh tubuh tetapi juga jiwa serta pikiran. Nah, dengan pikiran dan hati yang jauh lebih tenang, untuk memikirkan langkah yang tepat selanjutnya jadi lebih mudah. 

Itulah tadi kelima cara agar kamu bisa berdamai dengan diri sendiri. Semoga cara-cara itu bisa kamu terapkan sehingga kedamaian hidup bisa kamu rasakan