UKM Indonesia

Catatan UKM Indonesia

Tips Menyiapkan Dana Pensiun

Masa pensiun biasanya menjadi salah satu masa yang ditunggu atau dinantikan oleh para pegawai baik swasta maupun negeri. Masa rehatnya dari segala bentuk tanggung jawab dan pekerjaan kantornya sekaligus amsa tenang dan waktu untuk menikmati hasil-hasil kerja keras selama bertahun-tahun lamanya.

Namun sayang, tidak jarang masa pensiun juga menjadi masa yang menakutkan sekaligus kebingungan. Waktu dimana kamu tidak lagi produktif yang mengakibatkan keuangan kamu pun sedikit berkurang tidak sama seperti masa kamu bekerja. Tenaga dan pikiran yang tidak lagi muda membuat kamu juga akan terbatas mengeksplorasi pengalaman di masa tua. Oleh karenanya, masa muda yang produktif perlu dimanfaatkan dengan sebaik mungkin.

Cara Siapkan Dana Pensiun

Ingin masa tua tetap Bahagia, terbebas dari hutang, dan beban? Untuk mencapai hal itu persiapkan dana hari tua itu dengan sebaik mungkin saat kamu dalam usia produktif. Jangan sepelekan masa tua itu, atur finansial mu sebaik mungkin, karena hal tersebut memerlukan waktu yang cukup panjang dan pembiasaan. Jika tidak dibiasakan tentu hal tersebut akan sulit.

Agar tidak terasa sulit, artikel ini akan membahas tentang tips agar kamu mudah menyiapkan dana pensiun. Siamak informasinya berikut ini.

1.  Ketahui Masa Pensiun Kamu

Jika kamu seorang ASN masa kerja ideal sudah ditentukan melalui surat keputusan dari dan ditetapkan peraturan perundang-undangan. Sehingga, masa pensiun kau pun telah ditentukan kapan, dan gaji atau pendapatan pension pun sudah dapat diperhitungkan, berdasarkan peraturan perundangan, masa kerja, dan jabatan serta pangkat terakhir. Oleh akhirnya, kamu bisa terbantu dalam memperhitungkan kemampuan kamu saat ini hingga pensiun. Maka gunakanlah gaji tersebut dengan bijak, jangan sampai masa tua kamu sengsara karena tidak bijak mengatur keuangan untuk masa pensiun.

Dalam penerapan bijak finansial berlaku pula pada kamu yang bekerja di sektor swasta. Bagi kamu yang bekerja di sektor swasta tentu memerlukan kesabaran ekstra untuk mengetahui masa pensiun kamu, karena sistemnya cukup berbeda. Sistem yang dianut oleh perusahaan biasanya menggunakan kontrak di usia tertentu, dengan sistem pesangon yang dibayarkan 1x di akhir masa kerja selesai.

2.  Menabunglah dengan Konsisten

Menabung sebenarnya bukan hal yang sulit, hanya memerlukan kesadaran dan pembiasaan yang konsisten untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Oleh karena itu, salah satu kunci kebahagiaan di masa tua adalah memiliki tabungan yang cukup untuk menghidupi kebutuhan di masa yang sudah tidak lagi produktif untuk bekerja. selain itu, keuntungan menabung ini agar memudahkan kamu untuk tidak selalu bergantung kepada orang lain. 

3.  Lunasi Utang dan Segala Macam Cicilan

Masa muda kebanyakan orang rela berhutang untuk memenuhi segala keinginan, namun berhutang untuk emmenuhiekinginan seperti emembeli mobi, tanah, rumah, apartment, dan lainnya untuk modal investasi atau usaha jangka panjang bukan menjadi masalah. Namun, sebaiknya kamu perlu memperhatikan jangka waktu hutangmu agar tidak melebihi dari masa pensiun kamu. Hal tersebut untuk menghindari kemungkinan buruk terjadi. Sebaiknya, kamu telah melunasi segala macam hutang dan cicilan untuk membuat masa tua kamu lebih tenang dan terbebas dari beban.

4.  Update Tentang Tingkat Inflasi

Perubahan nilai tukar barang atau uang perlu kamu perhatikan. Seiring perkembangan dan dinamisnya harga, kemdu perlu diperhatikan apakah dana pensiun kamu cukup untuk memenuhi kebutuhan di masa-masa yang akan datang atau tidak. Dengan mengetahui tingkat dan kondisi inflasi dari masa ke masa kamu dapat memperhitungkan dan mencari siasat untuk tetap data hidup Bahagia di masa yang sudah tidak lagi produktif.

5.  Jaga Kesehatan Fisik dan Mental

Usia tua di masa pensiun sangat rawan terserang berbagai penyakit baik fisik maupun mental (pikiran) oleh karena itu, kamu perlu perhatikan kesehatan fisik dan mental kamu di masa muda dengan menerapkan hidup sehat dan berpikir positif. Kebiasaan itu sedikit banyaknya akan membantumu dalam menghadapi segala hal, khususnya di masa tua nanti.

6.  Sadari Pentingnya Investasi

Usaha yang tidak lagi membutuhkan tenaga untuk kamu bekerja namun tetap mendapatkan pemasukan adalah berinvestasi, untuk itu mulai berinvestasi di masa muda untuk bekal masa pensiun kamu nantinya. Namun, perlu diperhatikan juga jenis investasi apa yang menguntungkan dan aman bagi kamu.

7.  Komunikasi Yang Sehat Dengan Pasangan atau Keluarga terkait Masa Pensiun

Komunikasi yang sehat dengan pasangan dan keluarga di masa pensiun sangat memiliki peran penting karena masa tuamu tentu akan ditemani oleh mereka. Suka duka perlu kamu berbagi khususnya dalam keuangan sehingga bisa membantu kamu tetap dapat hidup Bahagia bersama mereka.

Tentukanlah cara yang tepat untuk menata keuangan di masa tua kamu nanti, demi kehidupan yang bebas dan Bahagia. Terapkan tips-tips di atas untuk membantu kamu mulai menatanya.